Rabu, 20 Maret 2013


Curug Cilember, Bogor



Bagi masyarakat Bogor, pasti sangat mengetahui objek wisata yang satu ini. Curug ini terkenal karena memliki tujuh curug di lokasi yang berbeda-beda. Namun, yang paling sering dikunjungi adalah Curug Tujuh karena letaknya yang dekat dengan pintu masuk dan berada paling bawah di antara curug-curug lainnya. Air dari Curug Tujuh ini dipercaya dapat membuat awet muda, mudah mendapatkan jodoh, dan menyembuhkan berbagai penyakit.


Lokasi Curug Cilember terletak di Desa Jogjongan, Kecamatan Cisarua, Bogor. Kalau ditempuh dari kota Bogor hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam saja. Arahnya yakni di dekat Pasar Cisarua atau bisa juga masuk melalui Taman Matahari. Tidak tersedia sarana tranportasi umum seperti angkot maupun bis untuk mencapai lokasi air terjun ini, sehingga diharuskan berjalan kaki atau mengendarai ojek. Tiket masuk perorangnya seharga Rp 6.000,-. Bila membawa mobil pribadi dikenakan tarif Rp 8.000,- dan motor Rp 4.000,-.

Sesampainya di air terjun, biasanya pengunjung terlebih dahulu ke lokasi Curug Tujuh karena letaknya yang paling dekat dengan pintu gerbang. Di sini pun panorama yang dihadirkan sangatlah istimewa. Airnya dingin dan berudara sejuk, membuat ingin berlama-lama di sana walaupun hanya dengan memandang sembari terkena cipratan dari guyuran air terjun. Pengunjung biasanya bermandi ria di bawah pancuran curug, bahkan seringkali lokasi curug ini dijadikan ajang foto prawedding karena keindahan alamnya yang mempesona.

Bila masih ingin bertualang menyaksikan curug-curug lainnya, Anda bisa langsung bergerak ke Curug Lima. Di sini kondisi curug lebih tinggi dan bertingkat-tingkat. Debit air terjun yang mengalir pun sangat deras meluncur di atas bebatuan. Sedangkan Curug Enam itu sendiri tidak bisa dikunjungi lantaran belum ada jalan setapak menuju ke sana.

Selepas menikmati keindahan Curug Lima, lanjutkan ke Curug Empat dan Curug Tiga. Kedua curug tersebut letaknya saling berdekatan. Namun, untuk sampai ke lokasi ini diperlukan perjuangan yang ekstra lantaran kondisi jalan yang licin, terjal, dan berbatu. Perhatikan pula lintah-lintah yang menempel di dedaunan sepanjang jalan, dikhawatirkan akan menyusahkan Anda. Bila belum lelah juga, sempatkan mampir ke Curug Dua walau memang lokasi lumayan jauh dari curug sebelumnya. Kalau ingin mencapai Curug Satu, yang merupakan curug tertinggi Cilember, maka dibutuhkan waktu berjam-jam dengan berjalan kaki. Disarankan menggunakan jasa pemandu karena medannya yang sulit untuk dijangkau.

Fasilitas yang disediakan objek wisata ini cukuplah lengkap. Tersedia toilet, pos jaga, mushola, maupun gazebo untuk tempat bersantai. Apabila ingin mencoba wisata lainnya, Anda bisa bermain flying fox. Bila dirasa cukup lelah, sembari pulang sempatkanlah membeli oleh-oleh khas Cilember yang dijajakan di warung-warung souvenir sekitar lokasi wisata maupun membelinya dari pedagang-pedagang keliling.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar