Kamis, 07 Februari 2013

Raja Ampat Menjadi Wisata Dunia


Raja Ampat telah menjadi magnet wisatawan berkunjung ke Papua. Keindahan alam dan spesies ikan di Raja Ampat membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata dunia. Ada banyak alasan kenapa Raja Ampat begitu memikat manusia dari penjuru mata angin. Terletak di pusat segitiga karang dunia, kepulauan ini memiliki keanekaragaman hayati yang sulit ditandingi. Raja Ampat ditumbuhi 553 spesies terumbu karang yang mewakili 75 persen spesies dunia. Para peneliti juga memperkirakan 1.320 jenis ikan hidup di perairannya yang luasnya mencapai empat juta hektare—kekayaan alam yang mem-beri Raja Ampat julukan “Ibukota Ikan Dunia”.


Untuk kesana anda harus terbang dulu ke Sorong menggunakan antara lain Lion Air, Express Air, Sorong, dan Merpati Nusantara lalu melanjutkan perjalanan menaiki kendaraan selama 15 menit menuju Pelabuhan Rakyat. Selanjutnya Anda naik kapal feri : Rp 120.000 per orang yang berangkat satu kali per hari setiap pukul 14:00 menuju Waisai, Pulau Waigeo. Ada banyak penginapan di Raja Ampat, mulai dari resor yang mematok tarif $2.000 per minggu sampai wisma milik pemda seharga Rp 660.000 per dua orang.

Raja Ampat terletak di barat daya Papua. Ia tersusun oleh ratusan pulau, empat di antaranya berukuran besar, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo. Raja Ampat resmi berstatus kabupaten kepulauan sejak 9 Mei 2003 dengan ibukotanya terletak di Pulau Waigeo.

Tak henti-hentinya pesona alam Raja Ampat ini mencuri perhatian kita, sungguh Tuhan Maha Besar. Menciptakan segala keindahan yang tervisualisasikan di alam ini.

Magnet Raja Ampat tak hanya di Waigeo, menyewa speed atau motor cepat, lalu kita dapat pergi ke sejumlah pulau yang memiliki karang yang indah. Dan penghuni laut yang membuat para pehobi selam tak akan betah berlama-lama di daratan.Ada sejumlah spot penyelaman yang rajin dikunjungi para penyelam yang datang ke Raja Ampat. Dan pasti akan bertemu dengan ribuan mungkin jutaan penghuni laut Raja Ampat. Mulai dari hiu, barakuda, penyu laut, terumbu karang nan indah, dan keajaiban lain.

Bagi yang hanya berani ber-snorkeling, di kedalaman lima sampai sepuluh meter sudah bisa melihat beragam ikan badut berwarna ungu ataupun kuning di sela-sela terumbu karang yang warna-warninya seperti diberi lampu spotlight. Dan juga karang menyerupai jamur kuping yang besarnya semeja makan, bertumpuk-tumpuk tiga lapis. Belum lagi bintang laut yang cantik beraneka warna.



















2 komentar:

  1. Memang indah...ya, keindahan alam Indonesia

    BalasHapus
  2. mantap...gan, keindahan alam raja ampat. pengen kesana rasanya...

    BalasHapus