Kamis, 07 Februari 2013

Keistimewaan Taman Nasional Wakatobi


Mendengar namanya bagi pehobi snorkling atau diving tentu langsung bisa mengenalinya, sebagai Taman Nasional yang memiliki spesies terumbu karang terbanyak di dunia. Ya, dari 850 jenis terumbu karang yang terdapat di dunia 750-nya bisa ditemukan di Taman Nasional Wakatobi. Anda dapat menemukan kedalaman bervariasi, mulai dari datar samao melandai kelaut dan di beberapa daerah perairan yang bertubir curam. Yang terdalam bisa ditemukan di kedalaman 1.044 meter. Aneka warna coral dan bentuknya yang beragam sungguh mempesona siapa saja yang melihatnya. 

Pantaslah jika seorang jurnalis selam dunia Jacues Costeau, merasa sangat terkesan di Wakatobi dan menilainya sebagai tempat diving paling indah di dunia.

Pamor keindahan Taman Nasional Wakatobi (TNW) yang berada di wilayah segitiga terumbu karang (Coral Tri – Angle) dunia ini sebenarnya sudah tersohor sejak lama di manca negara, terutama setelah kedatangan Ekpesdisi Wallacea dari Inggris tahun 1995. Sejak itu jumlah wisatawan yang berkunjung ke daerah ini semain besar. Apabila sekarang banyak event digelar untuk mempromosikan Taman Nasional Wakatobi, salah satunya melalui Sail Banda, Sail Bunaken dan Sasil Wakatobi – Belitong yang mengundang ribuan penyelam dunia. 

Bagi Anda yang penasaran ingin ke sana, tentunya selain harus menyiapkan perbekalan yang cukup untuk diving, juga harus benar-benar memastikan kesiapan perlengkapan memotret atau merekam video, karena sayang sekali jika setibanya disana, Anda mengalami masalah dokumentasi. Mengingat perjalanan menuju ke kawasan ini bisa dibilang cukup panjang. Anda bisa melalui jalur laut dari kendari ke Wanci, Ibu kota Wakatobi sekitar 5-9 jam dengan kapal cepat dan fery. Jika Anda memilih jalur udara, bisa dari Kendari langsung ke Bandara Matahora di Wakatobi atau dari Jakarta langsung ke bandara.


Mengenai Keistimewaan, Taman Nasional Wakatobi yang memiliki luas 1.39 hektar ini memang selalu penuh hasarat untuk diceritakan. Terletak di jantung kawasan segitiga terumbu karang dunia yang meliputi enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Pulau Solomon dan Timur Leste,  Taman Nasional Wakatobi dapat di katakan sebagai pusatnya keindahan kawasan segitiga tersebut.  Untuk karangnya yang tersdapat di Pulau kaledupa, salah satu dari 37 pulau dan  Taman Nasional Wakatobi ini merupakan terluas dan terpanjang di Indonesia. 

Selain karang,  Taman Nasional Wakatobi yang memiliki 25 gugusan terumbu karang ini, juga kaya dengan beraneka ragam jenis ikan. Penelitian kelautan dari Operation Wallacea yang berbasis di London mencatat, terdapat sekitar 942 spesies ikan di perairan ini. Kekayaan alam bawah laut yang berlimpah pesona membuat UNESCO pada juni 2011 menetapkan  Taman Nasional Wakatobi sebagai Cagar Biosfer Dunia. 

Ada 4 Pulau terbesar dalam  Taman Nasional Wakatobi ini yaitu : Pulau wangi-wang (1456.5 km2), Pulau Kaledupa (64,8 km2), Pulau Tomia (52,4 km2) dan Pulau Bionongko (98,7 km2), dan sebenarnya Wakatobi juga merupakan kepedekan dari keempat pulau tersebut. 

Untuk wisata alam dan bahari, Wakatobi memang begitu eksotik. Taman Nasional ini memiliki 31 pulau kecil yang membentang di sepanjang 600 km garis pantai, dan masih terpelihara keasriannya dari jumlah pulau itu, baru enam pulau yang terisi penduduk, 11 lainnya sedang dijajaki dan belum bernama, sedangkan sisanya sama sekali belum terjamah. 











3 komentar:

  1. sungguh...indah alam indonesia ini

    BalasHapus
  2. Gan...saya pernah ke Raja Ampat, sangat bagus dan indah. Sekarang ingin sekali ke Wakatobi yang tidak kalah indahnya alam disana...

    BalasHapus
  3. pastinya...Gan, Indonesia kaya akan keindahan alamnya. langsung aja...Gan, berangkat...

    BalasHapus